Tanda-Tanda 5 Jenis Kanker Yang Rentan Menyerang Anak

Tanda-Tanda 5 Jenis Kanker Yang Rentan Menyerang Anak
Tanda-Tanda 5 Jenis Kanker Yang Rentan Menyerang Anak. Semua orang tua harus lebih sadar akan kesehatan anaknya, apalagi tentang penyakit-penyakit yang berbahaya seperti kanker. Mengingat anak-anak atau balita yang belum bisa menyebutkan keluhan yang dirasakannya. “Deteksi dini kanker pada anak sulit untuk dideteksi, kalau ketemu sudah stadium lanjut. Masyarakat harus tahu secara dini dulu apa yang jadi keluhan terhadap anak,” ujar dr Cut Putri Arianie, MHKes, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.
Jenis kanker padat yang ada pada anak biasanya terlihat ada benjolannya, namun ada juga yang tidak. Maka dari itu, semua orang tua harus mengetahui tanda-tanda awal dari beberapa kanker anak yang kerap diidap anak-anak. Berikut tanda-tanda jenis kanker yang rentan menyerang anak, diantaranya :
1. Tumor otak
Biasanya tumor otak diidap oleh anak-anak yang di bawah lima tahun. Tanda awal yang dirasakan adalah nyeri kepala yang bukan nyeri kepala biasa. Menurut dokter hematologi onkologi dari RS Dharmais, dr Marurul Aisyi, SpA(K), nyeri yang dialami bisa disertai muntah dan kejang. Selain itu adanya gangguan keseimbangan pada tubuh si anak.
2. Retinoblastoma
Retinoblastoma adalah tumor ganas yang menyerang mata dan sering terjadi pada balita di bawah lima tahun. Gejalanya yang timbul berupa mata kucing, mata manik berwarna putih, juling, atau kemerahan.
3. Limfoma
Limfoma atau kanker yang menyerang jaringan getah bening. Gejala yang terlihat adalah benjolan di leher pada satu sisi yang diameternya lebih dari 2 cm. Selain di leher juga bisa terjadi benjolan di ketiak dan pangkal paha. Dan yang harus diwaspadai benjolan tersebut tanpa rasa nyeri.
4. Osteosarkoma
Osteosarkoma atau kanker tulang biasanya ditandai dengan adanya nyeri tulang. Ada pula benjolan atau pembengkakkan pada tungkai dan lengan. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak usia 10-15 tahun. Jika sudah stadium lanjut, pengobatan satu-satunya adalah amputasi. Dan parahnya bisa menyebar ke hati.
5. Nefroblastoma
Nefroblastoma atau kanker di ginjal biasanya ditandai dengan adanya pembesaran perut pada anak-anak di bawah usia lima tahun. “Kalau celananya sudah nggak muat harus waspada,” tegas dr Aisyi.

Comments

Popular posts from this blog

Ingin Tahu Perbedaan Tumor Dan Kanker? Inilah Penjelasannya!

Pertolongan Pertama Cedera Mata Yang Wajib Kalian Ketahui

Benarkah Buah Naga Merah Bisa Turunkan Kolesterol? Inilah Penjelasannya!