Ingin Tahu Perbedaan Tumor Dan Kanker? Inilah Penjelasannya!

Ingin Tahu Perbedaan Tumor Dan Kanker? Inilah Penjelasannya!
Ingin Tahu Perbedaan Tumor Dan Kanker? Inilah Penjelasannya!. Banyak orang yang menganggap bahwa tumor itu kanker. Begitu pula sebaliknya. Sebagian besar dari mereka memang masih bingung dan tidak bisa membedakan mana kanker dan tumor. Sebenarnya keduanya memang terlihat mirip, namun berbeda dalam beberapa hal. Dr.Wulyo Rajabto, SpPD-KHOM mengungkapkan bahwa pada dasarnya, tumor adalah pertumbuhan sel abnormal pada bagian tubuh tertentu.
Ketika sel-sel tubuh membelah dan tubuh berlebihan, maka mereka akan membentuk tumor. “Tumor jinak akan stay di satu tempat. Kalau ganas, disebut kanker dan akan menyebar ke organ-organ lainnya atau bersifat sporadis,” ucap Wulyo. Ia juga mengatakan bahwa untuk mengetahui tumor jinak atau ganas melalui biopsi dengan cara operasi atau core biopsi, di mana sel tumor akan diambil dan dilihat melalui mikroskop.
“Kalau jinak tumbuhnya lambat. Sedangkan tumor ganas bisa infiltrasi. Misal kanker serviks enggak hanya ada di serviks, bisa di usus, di paru-paru, liver, tulang atau otak. Diketahui menyebarnya itu kalau kita lihat di rontgen atau CT scan yang bulat-bulat seperti benjolan,” ujarnya menjelaskan. Wulyo juga meluruskan beberapa mitos tentang tumor yang beredar di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah penyakit kanker tidak selalu berkaitan dengan keturunan.
“Kanker itu bersifat sporadis. Enggak selalu diturunkan. Umumnya malah enggak ada hubungan keluarga. Hanya jenis-jenis tertentu, misal kanker payudara. Tapi itu juga enggak selalu (keturunan). Enggak semua,” kata Wulyo. Lalu, bagaimana cara mencegah tumor dan kanker? Ia menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu yang paling penting adalah konsumsi makanan sehat, yang tinggi akan antioksidan, seperti buah dan sayur yang punya warna-warna cerah dan terang. Mulai dari tomat, brokoli dan sayuran hijau.

Comments

Popular posts from this blog

Benarkah Buah Naga Merah Bisa Turunkan Kolesterol? Inilah Penjelasannya!

Pertolongan Pertama Cedera Mata Yang Wajib Kalian Ketahui